KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“Keripik Usus Ayam”
disusun oleh :
Nama : Moh Miftakhur Rokhman
NIM : 16.12.9337
Jurusan : Sistem Informasi 06
PROGRAM SARJANA
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017
BAB I
ABSTRAK
Produk
pangan di Indonesia saat ini merupakan makanan pokok utama masyarakat, bukan
hanya di dalam negeri bahkan juga sampai ke luar negeri menjadikan makanan atau camilan jadi kebutuhan pokok setiap masyarakatnya. Pengusaha kuliner
di Indonesia mencoba untuk menyesuaikan makanan seperti apa yang digemari dan
dicari-cari orang untuk dikonsumsi. Maka dari itu kami mengambil langkah untuk
memulai usaha dengan bergerak di bidang makanan dan camilan sebagai rencana
awal usaha kami.
Produk
ini adalah produk kripik usus ayam dimana usus ayam menjadi limbah dan jarang
dipakai oleh mereka , dan kami mengelolah usus ayam tersebut agar dapat
dijadikan camilan dengan harga murah namun banyak pembeli
Kami
jelaskan juga bahwa di sini kami hanya menambahkan variasi rasa dari produk
camilan yang sudah jadi sehingga tidak membutuhkan alat produksi. Kami padukan
usus yang sudah jadi tersebut dengan berbagai varian rasa dengan resep kami
sendiri dan kami juga sangat berhati - hati dalam hal pengemasan dan
pengirimannya agar tercipta rasa yang asli dan gurih dan sampai ke konsumen
dalam keadaan yang baik.
Dari
sisi pemasaran mula-mula kami mempromosikan dengan cara personal selling /
secara langsung, yang kedua kami menggunakan sosial network seperti facebook,
blogger, BBM, dan media sosial lainnya, yang ketiga kami menggunakan cara
dengan menyebarkan brosur.
BAB II
ISI
Dari
cita rasa keripik usus ayam ini cukup banyak diminati oleh masyarakat karena
rasa asin gurih ayamnya sangat menggoda lidah, bukan hanya pada kaum orang tua
dan dewasa saja melainkan hingga anak anak pasti menyukai. Cita rasa adalah
daya saing dalam bisnis kuliner, untuk itu diperlukan keahlian dalam hal
mengolah usus ayam menjadi keripik usus ayam terutama dalam hal resep dan
komposisi bumbu yang harus digunakan
Dalam
kegiatan produksi dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli mengelola usus
menjadi kripik yang gurih, dan renyah. Sesudah itu baru kami mengambil alih
dalam hal penambahan bumbu sebagai sentuhan yang berbeda dari kripik usus biasanya.
Sehingga keripik usus yang berciri khas
rasa usus ayam akan bertambah nikmat dengan sentuhan bumbu tabur yang akan
menjadikan sensasi gurih dengan penuh cita rasa yang lezat dan renyah.
Setelah pembumbuan, kami melakukan pengemasan
secara rapi dengan label yang menarik minat para konsumen. Pengemasan akan
dilakukan dengan plastik tebal tembus pandang dan di press serapat mungkin
untuk menjaga kerenyahan serta aroma dan cita rasa taburan bumbu. Di dalam
kemasan telah ditempel atau dicetak dengan logo dan nomor telepon marketing.
Karena kami berencana untuk menerima pesanan yang akan menambah produktifitas
perusahaan kuliner kami ini.
Saat
ini masyarakat sangat suka dengan makanan yang
gurih, renyah dan lezat karena bisa menjadi teman disaat santai, belajar,
dan berbagai aktivitas hanya sekedar untuk menahan rasa lapar. Selain itu rasa
juga sangat dipertimbangkan dalam hal mencoba suatu makanan sebab cita rasa
yang berbeda-beda dan unik menjadi salah satu incaran masyarakat dalam memilih
camilan yang ingin di konsumsi.
Bisnis
camilan ini sangat menjanjikan, karena para konsumen akan terus-menerus
membutuhkan camilan dalam situasi atau aktivitas mereka.
Yang
membutuhkan camilan bukan hanya kalangan dewasa saja, tetapi semua kalangan,
mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.
Kripik
usus yang mempunyai rasa biasa saja, bisa digemari banyak orang apalagi jika
sudah ditambahkan dengan berbagai variasi rasa. Pastinya akan menambah
kegemaran konsumen akan keripik usus yang beragam rasa dan menjadi kecanduan
mengonsumsinya.
Harga
produksi yang murah bisa bersaing di pasaran dan dapat membawa untung besar.
Referensi
0 Comments