Ad Code

Responsive Advertisement

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Pasar Online"

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
Pasar Online



                                                                  






disusun oleh :

Nama                  : Moh Miftakhur Rokhman
NIM                    : 16.12.9337
Jurusan              : Sistem Informasi 06

PROGRAM SARJANA
PROGRAM STUDI
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017


BAB I
ABSTRAK
Manusia hidup tak lepas dari kebutuhan, dari kebutuhan sekunder maupun primer atapun tersier, mereka membutuhkan barang yang mereka inginkan untuk memenuhi kehidupanya, namun aktifitas menghambat mereka untuk memenuhi kebutuhan tersebut , aktifitas pekerjaan maupun aktifitas rumah tangga, banyak cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Namun dengan seiring berkembangnya zaman tidak menutup kemungkinkan adanya kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari
Teknologi sekarang semakin canggih, bahkan 50% kehidupan mereka berpihak pada sebuah teknologi, anak anak, dewasa, maupun orang tua.
jasa online adalah jasa yang paling diminiati oleh kalangan masyarakat saat ini, dari kalangan menengah ataupun atas, mereka menggunakan jasa online karena cukup memuaskan dan efektif bagi mereka untuk memenuhi suatu kebutuhannya, tidak menutup kemungkinan lahir sebuah Pasar online dimana pembeli menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhanya kemungkinan dengan adanya sistem pasar online memudahkan para konsumen untuk membeli suatu barang tersebut semakin mudah dan efisien
BAB II
ISI
A.    Peluang Bisnis
Peluang Bisnis adalah Kesempatan suatu individu/organisasi dalam menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. dengan demikian pasar online merupakan peluang nbisnis yang nantinya akan mendapatkan laba yang cukup.
Pasar berasal dari bahasa jawa, yaitu dari kata “Pasaran” yang artinya lima hari. Jadi istilah pasar adalah tempat terjadinya jual beli barang yang diadakan lima hari sekali pada tempat tertentu. Sekarang istilah pasar sering dikenal dalam kalangan awam merupakan tempat jual beli barang kebutuhan sehari – hari.
B.     Pasar
Pasar dalam Ilmu Ekonomi Pasar adalah tempat bertemunya penjual dengan pembeli dan melakukan transaksi untuk menentukan nilai harga dari barang atau jasa. Namun adapula pasar yang tidak mempertemukan pembeli dan penjual secara langsung, contohnya adalah pasar saham, oleh karena itu, Dalam artian luas, Pasar adalah Proses interaksi antara penjual dan pembeli untuk menetapkan harga keseimbangan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa :
Pasar adalah proses bertemunya penjual dengan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung untuk bertransaksi barang atau jasa dan menetapkan harga keseimbangan sesuai dengan penawaran dan permintaan yang terjadi.
C.     Pasar Online
Apa yang di maksut pasar online itu ? Dari Segi Bahasa, Pasar online dibagi menjadi 2 suku kata, PASAR dan ONLINE. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia,
PASAR berarti Pusat Perdagangan atau Tempat bertemunya permintaan dan penawaran. Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat.
Sedangkan ONLINE terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring menurut Wikipedia adalah keadaan dimana seseorang terhubung kedalam jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Jadi dari kedua pengertian secara bahasa tersebut kita bisa menyimpulkan pasar online sebagaitempat terjadinya aktiftas perdagangan atau jual beli barang melalui internet. namun seiring bertambahnya modernisasi zaman istilan pasar online sering di sebut B2B (bisnis to bisnis)
Jadi Peluang bisnis ini kemungkinan akan berdampak positif dan nantinya bisa diterima oleh masyarakat banyak agar mereka dapat berbelanja secara efisien dan menghemat waktu, dengan belanja online mereka dapat memilih bahan yang ada dan nantinya tidak merepotkan mereka karena ketersediaan barang dapat diketahui dengan online dan dengan harga yang pas dan tidak terlalu mahal, mereka memesan dan nantinya kami bisa mengantar barang tersebut, jika pasar ini banyak dukungan nantinya akan di buka cabang sebanyak mungkin di daerah yang strategis.

Referensi
http://jugeg.blogspot.sg/2013/03/pengertian-pasar-online.html




Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement