Ad Code

Responsive Advertisement

Peluang Bisnis Online


     Ada berbagai cara seseorang untuk melakukan bisnis,salah satunya dengan bisnis online.Semakin berkembangnya kemajuan teknologi membuat orang dengan mudah melakukan bisnis lewat internet atau sering disebut bisnis online.Banyak alasan yang membuat orang melakukan bisnis online,diantaranya karena bisnis online bisa dilakukan dimana saja yang penting ada koneksi internet atau mungkin bisa dilakukan diwarnet,selain itu juga anda tidak terikat banyak peraturan maksudnya adalah anda bekerja untuk diri sendiri dan tidak terikat jam kerja.Anda bisa mendapatkan income yang cukup lumayan bahkan mungkin memuaskan asal anda ulet dan tekun menjalaninya.Untuk masalah modal ,pada bisnis ini tidak terlalu mengeluarkan modal besar bahkan sebagian bisnis online dapat dilakukan tanpa modal atau gratis.Saya akan mengenalkan bisnis online untuk anda tapi perlu diingat untuk memulai bisnis ini dibutuhkan kesabaran,ketekunan,dan keuletan supaya anda bisa menjadi pebisnis online yang Profesional dan bisa menghasilkan Income yang memuaskan.
Dibawah ini beberapa bisnis online yang cukup populer :

1. Buat Web Toko Online / Online Shop


Cara yang paling lazim adalah kita membuat toko online atau onlineshop. Tidak sedikit orang yang sukses membuat toko online sendiri. Bagaimana cara membuat web toko online?
Sebetulnya caranya itu gampang, kita tidak usah membuat toko online dengan beragam fitur seperti toko online-toko online besar seperti lazada, blibli, dll.
Kita cukup membuat website yang menyediakan informasi seputar produk kita. Satu halamanpun sudah cukup jika barang yang kita jual Cuma satu saja. Tidak usah membuat fitur seperti shopping cart, live chat, dll. Cukup satu buah artikel lengkap dengan foto produk + nomor kontak yang dihubungi.
Lalu bagaimana membuat website itu? Kita bisa membuat sendiri jika paham bahasa pemrograman website, atau kita bisa menggunakan jasa layanan pembuatan web gratis seperti wordpress, joomla, dll. Kemudian kita install di server hosting kita.
Masih susah? Langkah paling gampang adalah membuat blog gratisan menggunakan wordpress.com atau blogger.com. Keliatan murahan? Kita bisa custom domain sesuai dengan keinginan kita, misal menjadi ikitoko.com, atau alamat-alamat lainnya.
Buatnya tidak susah, kalau sudah mahir satu jam saja sudah siap itu website. Tidak percaya? Silahkan googling, atau diartikel berikutnya saya akan membahas cara membuat website toko online.
Lalu, yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah darimana kita dapat barang dagangannya? Simple, kita bisa menjual produk kita sendiri. Tidak ada produk? Ya kita jual aja produk teman, atau yang lainnya. Kita tinggal mengambil keuntungan sewajarnya saja.

2. Jual Beli Aged Domain


Apa itu aged domain? Aged domain itu domain yang sudah berumur dan “mati”, sehingga bisa dibeli lagi oleh orang lain lewat sebuah lelang online.
Bagi orang yang paham SEO, aged domain itu sangat diburu karena kualitasnya. Tentu saja bukan asal-asalan aged domain ya. Ada banyak sekali kriteria domain yang harus diperhatikan sebelum menentukan membeli domain. Kurang lebih kriteria aged domain sebagai berikut :
History domain, pastikan domain yang kita beli itu tidak memiliki masa lalu yang kelam. Misal blog bekas j*d*, ata p*r**, dll.
Jumlah dan Kualitas Backlink, ini juga penting kadang kala blog masa lalu itu memiliki backlink yang kuat. Lebih-lebih memiliki backlink dari situs-situs besar seperti CNN, dll. Tapi, pastikan backlinknya bukan berasal dari blog/web aneh-aneh.
Usia Domain, semakin tua semakin bagus. Karena apa? Secara langsung domain yang sudah berumur itu lebih mudah ke indeks oleh google daripada domain baru / fresh domain.
Secara umum sih ketiga hal itu yang wajib diperhatikan sebelum membeli aged domain. Jangan harap harga aged domain itu murah ya! Harganya itu lebih dari harga normal, kalau harga normal itu $10 – $13 maka kalau aged domain itu minimal 20-30an dollar bahkan ada yang sampai ratusan hingga ribuan dollar!

Lalu untuk apa aged domain  itu? Aged domain itu biasanya dibuat untuk membuat web baru alias menghidupkannya kembali dengan niche sesuai dengan yang kita pilih. Atau juga aged domain digunakan untuk membuat backlink yang biasa disebut dengan PBN atau Private Blog Network.
Jadi, jika kamu punya uang lebih terutama saldo di paypal/payment gateway lainnya tidak ada salahnya untuk mengoleksi aged domain tersebut. Sapa tau kalau dijual lebih laku lagi.

3. Jual Beli Web (Web Flipping)



Nah, yang tidak kalah mentereng dari jualan aged domain adalah jual beli web. Orang membuat website itu ada banyak tujuan, ada yang untuk toko online, web pribadi, sekedar curhat, profil perusahaan, dan ada juga yang dijual.
Jual Beli Website
Nah, mengapa suatu website itu sampai dijual oleh yang punya web? Jawabannya ya Cuma satu, karena web itu sudah tak terlalu menguntungkan!
Tapi, ada juga sih yang membuat website emang tujuannya untuk dijual. Balik lagi sih sama tujuan dan prinsip masing-masing.
Nah, lalu dimana tempat jual beli website itu? Kalau di Indonesia ya di forum internet marketing terbesar yaitu ads.id disana ada sub forum khusus jual beli website (klik disini).
Dalam forum itu hampir tiap hari pasti ada aktivitas jual beli, lalu bagaimana cara menjualnya? Kurang lebih aturan forum / situs jual beli website menerapkan aturan sebagai berikut :
Menyertakan link website,
Menyertakan spesifikasi website, seperti mesin apa yang dipakai, jumlah postingan, template yang digunakan.
Data statistik beberapa bulan terakhir
Pendapatan yang diterima tiap bulan (bisa google adsense, toko online, affiliate, atau yang lain).
Nah, berapa sih harga yang dipatok untuk sebuah website itu? Biasanya sih harga yang dijual itu 3-5x earning tiap bulan. Atau bisa juga 10x dari earning tiap bulan. Misal, kamu menghasilkan 10juta/bulan dari blog itu terserah metode monetize (cara menguangkannya) seperti apa. Maka harga jualnya minimal 30-50juta dan biasany maksimal 100juta.
Ada teman saya menjual blog dengan alamat blogspot.com saja dijual kalau tidak salah 60-80 juta! Gila bukan?
Nah, selain di ads.id kita bisa menjualnya di flippa.com , itu web tempat jual beli website terpopuler di dunia. Kalau tidak bisa menjualnya bisa pake jasa yaitu webdijual.com . Silahkan konsultasi aja sama mereka, yang mempunya website itu adalah salah satu tetua di ads.id jadi tidak perlu ragu lagi sama kualitasnya ya.

4. Jualan Kaos, Kita Desain Tanpa Ribet Cetak Sendiri


Ini salah satu ide kreatif lainnya. Jadi jika kamu hobi desain kaos tetapi males untuk nyetak sendiri karena memang biaya cetak dan prosesnya itu ribet maka ini solusinya.
Jadi ada sebuah web (perusahaan) yang menyediakan jasa dimana kita bisa jual desain kita, jika laku maka perusahaan itulah yang akan mencetak kaos itu untuk dijual.
Salah satu pelopornya adalah teespring, keuntungan yang kita perolehpun tidak main-main disini. Teespring berani membayar mahal untuk sebuah kaos. Karena memang harga jual kaos di luar negeri itu cukup mahal dibanding dengan dalam negeri.
Untuk setiap kaos yang terjual dengan desain kita, kita dibayar paling tidak $5/kaos. Bayangkan, jika sebulan kita buat 1 desain kaos saja, dan 1 kaos itu terjual 100 buah maka kita sudah mendapatkan keuntungan $500/bulan! Dengan asumsi kita hanya mengambil untung $5 saja.
Jualan Kaos Di Teespring
Nah itu adalah salah satu produk yang terjual disana, harga kaos itu adalah $23,95 dan terjual 1595 buah! Misalkan desainer itu untung $5 saja, dia sudah untung minimal $7975 jika dirupiahkan Rp 108.539.750 ($1 = Rp 13,610). Itu kita hanya ndesain saja tanpa memikirkan percetakan, pengiriman kaosnya.
Bagaimana? Tertarik? Jika kamu punya skill dan feel desain yang mumpuni cara ini patut dicoba ya…

5. PPC (Paid Per Click )


     Bisnis PPC adalah bisnis online dimana kita akan dibayar jika ada orang yang mengklik iklan yang ditampilkan diblog/web milik kita.Cukup mudah,kita hanya menampilkan iklan yang diberikan oleh PPC dan jika ada pengunjung blog/web yang mengklik iklan tersebut maka kita akan dibayar.Untuk bayarannya tergantung masing masing PPC.Mungkin orang-orang bisa mendapatkan ribuan dollar dari PPC, tapi sang pemilik program PPC bisa saja mendapatkan lebih banyak. Tergantung berapa persentase bagi hasil yang ditetapkan oleh si empunya PPC. Alasan itulah yang menyebabkan berjamurkan program-program PPC baik lokal ataupun internasional. Ada yang sukses, ada pula yang harus gulung tikar di tengah jalan.Beberapa PPC yang terkenal adalah google adsense,kliksaya,adsensecamp,kumpulbloger,dll

Itu tadi adalah 5 peluang usaha online yang bisa saya jelaskan di artikel ini.  semoga kamu tidak bosen dengan tulisan saya ya. Salam Kenal Teman teman, Dan tentunya semoga bermanfaat!

Referensi
http://rocketmanajemen.com/peluang-usaha/
http://fauzanie.blogspot.sg/p/m.html

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement