Ad Code

Responsive Advertisement

Perbedaan Rom Distibutor (abal-abal), Global Stabil, Global Developer, Cina Stabil dan Cina Developer







1. Rom Global Stabil Rom Global Stabil adalah rom yang dibuat resmi oleh pengembang MIUI, rom ini biasanya akan di update umumnya setiap satu bulan, dua bulan atau mungkin bisa lebih lama tanpa frekuensi pembaruan tertentu, seperti namanya Rom Global Stabil mempunyai sangat sedikit bug, banyak yang menunggu rom ini karena stabil dan bebas dari bug, Rom Global Stabil di tandai dengan bentukan versi, pada MIUI6 Rom Global Stabil ditandai dengan MIUI V.6.X.Y.Z.ADITRNG. 6.X disini berarti mewakili versi rom miuinya A adalah nama androidnya, misal A=K berarti rom itu based android KitKat, dan DITRNG diakhir mewakili Device Id menurut miui dan Tipe Romm serta NeGara. Sedangkan di MIUI7 di tandai dengan perubahan 6.X ke 7.X seperti 7.x.x dsb.
Ciri-ciri Rom Global Stabil
  • Terdiri dari empat angka. Contoh v7.2.3.0, v7.3.2.0 atau v7.3.6.0. Sudah ada pengaturan Bahasa Indonesia.
  • Mempercepat download aplikasi dan game untuk Xiaomi, karena sudah terpasang Google Play Store Ada notifikasi update ROM secara resmi dari Xiaomi.
2. Rom Global Developer / Rom Beta Global Developer juga dibuat dan dikembangkan oleh pengembang resmi MIUI, namun rom ini akan di update setiap satu minggu sekali, bahkan bisa lebih lama, Global Developer (Pengembang) akan menerima fitur baru dan sangat rentan dengan bug, untuk versi bentukan rom pengembang ini di miui 6 adalah 5.YY.ZZ, sedangkan di miui 7 saat ini adalah 6.YY.ZZ dengan arti YY adalah bulan direlease nya rom ini, dan ZZ adalah hari/tanggal rom ini selesai di bentuk. Rom versi ini memiliki kapasitas yang lebih besar dari pada yang stabil, karena ada paket tambahan yang isinya adalah unsur-unsur yang sudah di rubah (dikembangkan) dari versi stabilnya.
ciri-ciri Rom Global Developer / Rom Beta
  • hanya bertulisakan tahun.bulan.tanggal misalnya 6.1.8 = 2016.bulan januari (01).tanggal (8)
  • update yang rutin, biasanya sekali tiap minggu
  • biasanya menggunakan format X.Y.Z, X adalah tahunnya, contoh 2016 biasanya dituliskan ekornya saja, jadi 6. Lalu Y adalah bulan sedangkan Z adalah hari / tanggalnya.
3. Rom Cina Stabil Rom cina stabil sama dengan rom global stabil hanya rom cina stabil ini adalah rom yang dikhususkan untuk warga cina, karena di china akses google di tolak jadi rom ini tidak memiliki aplikasi / produk dari google seperti yang ada di rom global, bahasa nya pun hanya tersedia cina dan inggris, namun masih bisa digunakan di negara lain seperti di Indonesia. ciri-ciri Rom Cina Stabil
  • Rom Cina Stabil ini bisa dikatakan kebalikan dari ROM Global Stable karena tidak ada pengaturan Bahasa Indonesia dan Google Playstorenya, namun yang lainnya tetap sama.
  • Terdiri dari empat angka, v7.2.3.0, v7.3.2.0 atau v7.3.6.0. Ada notifikasi update ROM secara resmi dari Xiaomi.
4. Rom Cina Developer Sama seperti Global Developer rom ini ditujukan untuk pengembang, rom ini juga memiliki bug lebih banyak ketimbang stabil, namun ini untuk dev cina saja, karena juga sama tidak ada aplikasi google dan bahasa nya terbatas. namun masih bisa digunakan di negara lain seperti di Indonesia.
Ciri-Ciri Rom Cina Developer
  • Tedapat tulisan beta pada MIUI Version dibagian Setting > About Device.
  • Lebih cepat mendapatkan notifikasi update ROM dari jenis ROM lainnya.
  • Menjadi primadona, karena jika ada fitur baru dari Xiaomi pasti ponsel dengan ROM ini kebagian pertama. Beta terus selamanya.
ROM Distributor
Merupakan modifikasi/portingan dari Rom MIUI official yang di gunakan oleh distributor untuk menjual smartphone Xiaomi yang tidak resmi ke pembeli. Biasanya distributor menambahkan Google Apps dan bahasa Indonesia di Rom mereka. Jika kalian mengecek di versi MIUI, pasti kalian akan mendapatkan kata-kata tambahan yang telah di edit oleh pihak distributor sebagai tanda tangan mereka. Dan yang pasti ROM Distributor tidak akan mendapatkan update resmi dari Xiaomi. Jadi anda harus melakukan Flashing untuk memperbaharui MIUI kalian. Ciri-ciri ROM Abal-abal dari Distributor
ROM abal-abal dari distributor itu pada umumnya terdiri dari lima angka atau lebih. Contoh v7.1.1.0.0 atau v7.9.9.0.0
  • Sering terjadi aplikasi yang dibuka tertutup sendiri / me-loading kembali seperti baru pertama kali membukanya.
  • Baterai cepat boros rasanya tidak sesuai dengan spesifikasi walaupun semua aplikasi yang berat kiranya sudah dihapus.
  • Tidak pernah atau bahkan tidak akan mendapatkan notifikasi update ROM resmi dari Xiaomi.
  • Dan parahnya lagi sering muncul iklan secara tiba-tiba baik saat membuka aplikasi, melihat notifikasi bahkan pada homescreen.
  • Dengan itu pasti kebingungan cara mengatasi sering muncul iklan pada hp Xiaomi ini.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement